D135 jU5T B39inN1N6

Sabtu, 28 Maret 2009

Kehebatan Web 2.0

Obama dalam Teknologi Web 2.0

Kampanye memakai spanduk,poster,leaflet,dan T-shirt? itu sih sudah kuno
Barrack Husein Obama, orang yang kini menjadi orang no.1 di negara "Paman Sam" memberikan contoh alternatif dalam berkampanye yang terbukti lebih efektif dan memiliki jangkauan yang lebih luas dan memberikan hasil yang lebih Signifikan, dalam kampanyenya orang yang pernah mengenyam bangku pendidikan di Indonesia ini, memanfaatkan Video Game dan situs jaringan sosial internet (lebih tepat disebut teknologi Web 2.0) untuk beriklan.
Dalam situs my.barackobama.com dijelaskan, " Barrack is running a different kind of campaign, one that more open and connected to you." Sebuah komitmen marketing: untuk "mudah dijumpai siapa pun,kapan pun, dan dimana pun."

"Yes We Can" Video motivasi Obama yang disiarkan lewat YouTubee dengan menggunakan beberapa artis pujaan masyarakat AS adalah contoh betapa cerdasnya tim kampanye dan merketing obama, selain itu tim Kampanye Obama juga sadar, komunitas penggemar Video dan musik menggunaka Youtube sebagai tempa
Optimalisasi potensi perjumpaan dengan konsumen saat ini menjadi isu yang sangat sentral untuk sebuah bentuk marketing, politik pun tak terkecuali,antara politisi dengan konstituennya. Produk terhadap stakeholder maupun end-user-nya, pemanfaatan Video Game hanya satu contoh aplikasinya, selain Video Game manta murid SD Menteng Jakarta ini juga memanfaatkan situs jaringan sosial lainya seperti YouTube,FaceBook,MySpace,Flickr,Twitter,dan Blog.
Video Game sengaja digunakan oleh Obama sebagai strategi utuk menyasar kawula muda yang lebih akrab dengan teknologi, remaja memang sulit dijangkau dengan kampanye metode konvesional, di awal kampanyenya statistik menunjukan hanya 47% generasi muda AS memilih Obama, makin mendekati hari pemilihan, komposisinya adalah 89% Pro-Obama, ada 18 jenis permainan di dalam X-Box yang dimanfaatkan Obama untuk berkampanye, di antaranya adalah NHL'09, Skate, Nascar'09, dan BurnOut Paradise, sebagai contoh di dalam game BurOut Paradise, saat kita melintasi track, akan muncul billboard virtual di sisi sirkuit yang memajang photo close-up Obama, dan di bawahnya tertulis " early voting has begun: voteforchange.net"
Barrack Obama, presiden ke-44 AS, berhasil mengintegrasikan kekuatan media konvesional dan media berbasis Web 2.0 untuk mengantarkannya menjadi presiden ke-44 negara adi-kuasa tersebut, Obama jufga dicatat sejarah sebagai politikus pertama yang mengoptimalkan kekuatan Web 2.0 sebagai sarana kampanyenya, dia pun berhasil memanfaatkan Web 2.0 itu untuk memudahkan masyarakat AS untuk mempermudah dalam memberikan dukungan.t persinggahan dan bersosialisasi, dan demi meningkatkan potensi perjumpaan secara optimal YouTube dimanfaatkan, dan hasilnya, video motivsi tesebut telah disaksikan oleh lebih dari 12 Juta pengunjung.
Dana kampanye yang luar biasa berupa sumbangan dari para individu penyokongnya, dana tersebut dikirim lwat internet,tak kurang 750 ribu relawan aktif ditambah 8 ribu pendukung yang mengorganisasikan lebih dari 30 ribu even dalam kurun waktu 15 bulan masa kampanye pemilihan pendahuluan, ternyata mereka selalu berkomunikasi dengan media Web 2.0.

Jawa Pos Senin,10 November 2008



Blog Advertising

0 komentar: