D135 jU5T B39inN1N6

Minggu, 15 Maret 2009

Apa itu e-Commerce




e-Commerce hehe.. apa y? menurut orang awam kayak aku sih begini..



e=Electronic
Commerce=Comercial/Transaksi/Bisnis/Jual-Beli
e-Commerce= Proses jual-Beli atau transakasi yang dilakukan dengan kedua pihak (penjual dan pembeli) yang dilakukan dengan media Elektronic.

Proses komersial menggunakan media elektronik sebenarnya sudah berkembang sejak tahun 1970 dan 1980, adapun contoh nya adalah Electronic Data Interchange(EDI tahun 1970) dan Electronic Fund Transfer(EFT 1980), perlu temen-temen ketahui bahwa ATM(Auto Teller Machine/Anjungan Tunai Madiri) juga termasuk e-Commerce lho.. selain itu transaksi yg dilakukan teller bank via telp juga masuk sebagai e-commerce.. hehe pasti makin bingung..hehe..

Manfaat perkembangan sarana informasi web bagi e-Commerce?
Perkembangan web sampai saat ini turut mendukung perkembangan e-Commerce, dengan menggunakan media web hubungan antara penjual dan pembeli bisa lebih atraktif,sebagai contoh, pembeli tidak cuma bisa melihat barang yang dijual, tetapi pembeli bia juga mengirimkan surat via email atau mengisi formulir pembelian dan perjajian dengan pihak penjual secara online.

Kurang Lebih kayak gini proses nya..










ket. baik gambar sebelah kiri atau sebuah kanan merupakan kerangka kerja sebuah e-Commerce

Keuntungan e-Commerce dibandingkan proses transaksi Manual
Tingkat efisiensi kerja adalah faktor penting perubahan tata cara kerja dari manual ke e-Commerce, dengan proses secara manual kita(pihak pembeli) harus menempuh beberapa tahap untuk dapat berhungan langsung dengan pihak penjual,kita harus menggunakan jasa kurir, pencetakan dokumen pembelian,dan pengisian data ulang pembelian, sehingga dengan adanya banyak tahap ini semakin memperbesar terjadinya kesalahan dalam proses transaksi, selain itu anggaran biaya semakin bertambah banyak karena kita menggunakan pihak luar selama proses transaksi. e-Commerce akan langsung menghubungkan kita denga penjual secara online lewat media web, sehingga itu bisa menekan biaya dan mengurangi resiko kesalahan dalam bertransaksi.
Kesimpulannya e-commerce tidak semata-mata perdagangan yang dilakukan dengan media web masih banyak lagi.. asalkan dia(transaksi) dilakukan dengan media electronic.. hehe makin bingung pasti.. sama!

download gambar ruang lingkup nya e-Commerce
Di sini
Untuk lengkapnya
silahkan donwload file pdf nya Klik Di Sini

My Thanks tu
  1. Pdf nya Mbak srini staff gunadarma
  2. Temen Kerja ku Arsa (Amikom Jogja)



0 komentar: