D135 jU5T B39inN1N6

Senin, 28 Desember 2009

Kenapa Capung Lihai Terbang??

Pasti Temen² tau dong Capung?? ato DragonFly??(eh..bentar..Dragonfly??naga terbang??bah..mirip naga pun tidak..aneh² tu org bule..^^'), binatang ini sangat lihai dalam menghindari serangan musuh..kenapa?? berikut penjelasannya..

Capung memang serangga yang unik, coba temen² perhatikan bentuk matanya, sebesar kristal..ahahha..unik khan..ihihi..bukan gitu maksud kuw..^^, begini, capung memiliki 4 sayap yang berwarna bening seperti kaca, sayap ini membuat si dragonfly bisa terbang gesit di udara, hewan yg memiliki nama latin Libellula Forensis ini ternyata memiliki sekitar 2500 jenis spesies yg hidup di dunia sampai saat ini, makanya kita sering melihat capung dengan berbagai warnanya..ada yg berwarna oranye, kuning, atau merah.
Agar bisa terbang, otot² di sekitar sayap si Capung harus tetap lentur dan hangat, makanya kita sering khan liat tuh hewan mengepakkan sayap meski tetep ga bergerak di udara..ini bertujuan agar otot nya tetep hangat dan siap di pake untuk terbang, tapi sayangnya..meski ototny aselalu di siap kan untuk terbang..capung tidak bisa terbang sambil membalikan badan..takut pusing katanya..wkwkwk..
Mata Capung merupakan mata majemuk, maksudnya, indra penglihatan Capung terdiri kumpulan mata² kecil yg jumlah nya sangat banyak, mata² kecil tersebut berbentuk segienam, tiap lensa bekerja secara sendiri², ini menghasilkan bayangan benda yang dilihatnya terpecah menjadi ribuan keping bayangan kecil², meskipun penglihatannya tidak tajam, tapi bayangan benda yang ditangkap dengan matanya bisa segera dikirim ke otak dengan melalui saraf dengan sangat cepat, perlu temen² ketahui bahawa 1 bagian mata capung memiliki 30rb lensa.. (ah aku tahu knp ga ada capung yg pake kacamata..umm... boros duit hoii!! bayang pun..1 lensa kacamata aja harganya berapa...ckck.. bisa habis iu anggaran cuman buat beli lensa..), lanjut ah..becanda ae..!!, mata ini memberi daya jangkau penglihatan yg luas untuk si Capung.
Tubuh Capung berbentuk seperti pilin yg terbungkus logam(waahh.. kayak Jiban ato Robocop nuh ya..ahaha..).
Kelebihan Capung pada segi mata dan sayap inilah yg membuat doi lihai dalam menghindar dari musuh² nya.. percaya ga percaya silahkan cek aja..bisa ga nangkep..^^

Dikutip dari SoloPos, 27 Desember 2009
Lihat juga INI..

0 komentar: